Rabu, 18 April 2012

Indosat: Seminar Broadcasting & Jurnalistik, Untuk apa sih?

       

        Awalnya sih gua juga kaget banget begitu gua ditawarin buat ikut seminar Jurnalistik di Indosat sama guru gua di sekolah. Padahalkan gua itu bukan anak Eskul Jurnaslist di sekolah gua, dan gua juga gak ngerti sama sekali tentang apa itu jurnaslist?. Tapi disini gua merasa tertantang untuk ikut Seminar tersebut selain emang gua juga pengguna Indosat gua juga pengen tau banget tentang apa itu Jurnalist? Nah disini gua bakal menceritakan pengalaman dan apa aja yang gua dapetin waktu ikut Seminar tersebut.
       Pada hari selasa tanggal 17 April 2012 seminar itu dilaksanakan di Indosat Karawachi, dan gua dapet kloter ke 2 yang dimulai sekitar jam 12 tapi pada akhirnya sih rada molor dan baru mulai jam 1 siang. Seminar itu dihadiri oleh sekitar 40 orang siswa/i SMA di Tangerang, dan diisi oleh Ka Sandy sbg Presenter, Kang Ijul sbg Narasumber tentang Jurnalist, Mas Dimas sbg Narasumber tentang Photografer, dan yang terakhir Mas Bayu sbg Narasumber tentang Dunia Blog di Internet. Seminar ini sebenarnya sih diadakan selain untuk mengisi hari libur kita anak2 kelas 10 dan 11 SMA juga bertujuan untuk menambah wawasan, pengalaman, dan keterampilan kita dalam dunia Jurnalist atau yang biasa gua sebut sih dunia Tulis-Menulis.

       Waktu awal dimulainya sih gua masih agak canggung karena gua disitu ketemu banyak temen2 dari sekolah lain yang pastinya belom gua kenal, tapi disitu kang Ijul dan Ka Sandy ngadain sebuah Games Perkenalan yang dimana di Games itu gua dan yang lainnya disuruh buat mnggambar diri kita sendiri dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri, tadinya sih gua mikir games apaan kaya gini? udah tau gua paling ga suka kalo disuruh menggambar! eh dah gitu semua gambar dari semua peserta dikumpulin dan dibagikan kembali secara acak, disitu gua malu bangt kan gambar gua ancur bngt bahkan gak mirip sama sekali sama gua, abis itu kita disurh nyari pemilik gambar yang kita pegang dan berkenalan sama si pemiliknya, kan tambah malu banget! tapi disitu dijelasin sama kang Ijul makna dari permainan tersebut kalo dalam games tersebut selain gua dan lainnya bisa kenal satu sama lain kita juga diajarkan untuk menggunakan otak kiri dan kanan kita yang bakal kita perluin banget untuk menjadi seorang jurnalist. Dan dari situ juga gua dapet pengetahuan tentang apa kegunaan otak kiri dan kanan kita dalam dunia Tulis-Menulis, ohhh iyya disitu juga gua dapat pulsa 5rb karena jawab pertanyaan dari kang Ijul tentang kegunaan Otak kiri kita dalam menulis. Tapi kok sampai skarang gua nulis postingan ini pulsaNya belom masuk yyaaa....?

       Pertama sih harusnya kang Ijul yang mengisi materi tapi karena kang Ijul harus mengikuti seleksi Haji jadi waktu kang Ijul di tuker sama mas Dimas yang bakalan ngasiiih materi tentang Photografer. Dari mas Dimas gua dapet banyak banget ilmu Photografi yang belom pernah gua dapetin sebelumnya, gua jadi lebih tau berbagai macam kamera, jenis-jenis lensa, alat tambahan yang harus digunakan, dan sistem-sistem gimana kamera itu bekerja serta  gimana pengambilan gambar yang gak biasa2 aja.

        Nah, karena Ka Sandy melihat kita semua yang keliatanya tegang banget jadi ka Sandy ngadain Games lagi buat menghilangkan rasa tegang yang lagi melanda kita semua. Dan pada akhirnya sih gua lagi aja yang dapet dan menang di Games tersebut (sdikit sombong) dan mendapatkan sebuah bingkisan (yang setelah gua buka di rumah isinya kaos im3 itu murah) serta pulsa lagi sebesar 10rb, tapi tetep aja belom masuk jga pulsanya ampe sekarang!

        Setelah itu kang Ijul datang lagi dan langsung mengisi materi tentang Jurnalist yang merupakan inti dari acara tersebut. Dari yang disampaikan kang Ijul gau dapet banget tentang gimana cara menulis berita atau tautan bahkan lainnya.dan kang Ijul juga berpesan buat kita itu menanggalkan semua kelakuan kita sebagai pelajar yang hanya menerapkan sistem SKS dan Menghafal.

        Dan acara terakhirpun diisi dengan pemberian materi tentang Blog oleh mas Bayu. Disitu mas Bayu mengajarkan kalo dalam dunia Blog itu bukan cuma Blogger yang selama ini gua tau. Tapi ada juga WordPress yang menurut gua sih lebih keren dari Blogger, gak cuma itu mas Bayu juga mengajarkan kita gimana cara buat blog di WordPress dan Tips-Tips supaya Blog kita itu banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. pokonya sih dia ngasih banyak banget deh ilmu yang gua dapet dari mas Bayu tentang dunia perBlogkan.

        Dan akhirnya pun acara tersebut selesai, dan gua juga sangat merasa puas benget karena bisa dapet banyak pengetahuan baru dari situ serta gua juga jadi tau kalo Jurnalist itu sebenarnya sebuah pekerjaan dari seseorang yang kerjanya nulis-nulis berita, tautan dan lain-lain yang hasil dari tulisan mereka akn sangt bermanfaat sekali bagi banyak orang.

        Oh iyyaaaa gua lupa diacara tersebut juga ada banyak hadiah yang bisa kita dapetin, yyaaa salah satu contohnya sih pulsa yang sampe sekarang belom masuk....! terus banyak juga acara-acara lanjutan seperti Pelatihan Photografer yang bakalan diadain pada tanggal 5-6 Mei 2012 di Jatiluhur-JaBar dan acara Lomba Blog yang diikuti oleh para peserta seminar tersebut. yaaa mudah-mudahan sih Blog gua ini yang bisa dapet (ngarep.com) ya seenggaknya llah gak juara 1 ya juara 2 gituuu (maksaaaa), pokokya do'ain aja deh moga-moga dapet meskipun kayanya gak mungkin yyaaaa llo liat aja deh gimana blog gua yang sangat sederhana gini tampilanNya (sebenarnya sih emang konsepnya gitu Sederhana tapi Ngena)

Tidak ada komentar: